KELAHIRAN AMISCA

Atas saran Van Erjick, seorang guru besar pada tahun 1956, diadakan pertemuan di Jalan Sawunggaling, Bandung. Pada pertemuan tersebut, salah seorang mahasiswa, Ismono, mengusulkan dibentuknya suatu himpunan yang anggotanya merupakan pecinta ilmu kimia. Ismono saat itu langsung ditunjuk sebagai ketua pertamanya. Pada pertemuan selanjutnya di Jalan Kartini No. 8 Bandung, Ismono dengan didukung rekan-rekannya, antara lain: Oei Djong Gio, Thio Poo An, Susanto Imam Rahayu, Achmad Aminudin, dll., pada tanggal 10 Februari 1956 membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sekaligus memberi nama himpunan tersebut, yaitu AMISCA (Amicorum Scientiae Chemicae Associatio) yang berarti perkumpulan pecinta ilmu kimia.

BERUBAHNYA CAKUPAN AMISCA

Pada awal berdirinya AMISCA, semua pecinta ilmu kimia dapat menjadi anggota organisasi ini, tidak memandang asal jurusannya. Namun, pada perkembangannya, keanggotaan AMISCA menjadi dibatasi hanya untuk mahasiswa S1 Departemen Kimia ITB, seiring dengan perubahannya menjadi sebuah Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD). Selanjutnya, pada 12 Desember 1976, dibentuk suatu komisi untuk menyempurnakan AD/ART sekaligus penyempitan cakupan AMISCA dari himpunan pecinta ilmu kimia menjadi Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ Institut Teknologi Bandung (HMK ‘AMISCA’ ITB).

HMK ‘AMISCA’ ITB KINI

HMK ‘AMISCA’ ITB adalah salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) yang merupakan badan kelengkapan KM ITB di tingkat jurusan. Sebagai salah satu HMJ dalam KM ITB pada Program Studi Kimia dan sesuai dengan tujuannya, HMK ‘AMISCA’ ITB berusaha mengembangkan keilmuan dan keprofesian kimia dalam beragam bentuk. Selain itu, HMK ‘AMISCA’ ITB juga turut serta menjamin keberjalanan sistem KM ITB dengan mengirimkan senator ke dalam Kongres KM ITB. Pada tahun 2018, AMISCA akan merayakan ulangtahunnya yang ke-62.