KUNJUNGAN INDUSTRI HMK ‘AMISCA’ ITB 2017 ft. AMISCA FUN TRIP

Pada 15 Agustus 2017, HMK ‘AMISCA’ ITB kembali mengadakan kunjungan industri atau yang biasa disebut sebagai Kundus. Kunjungan industri tahun ini diadakan pada 4 perusahaan ternama di Indonesia dan diikuti oleh kurang lebih 80 orang massa AMISCA. Perusahaan tersebut adalah PT Nestle Indonesia, PT Propan Raya ICC, PT PZ Cussons Indonesia, dan PT Eternal Buana. Keempat perusahan tersebut berlokasi di Tangerang. Kunjungan kali ini dibagi menjadi dua kloter, dengan kloter 1 mengunjungi PT Nestle Indonesia dan PT Propan Raya ICC, serta kloter 2 mengunjungi PT PZ Cussons Indonesia dan PT Eternal Buana.

Pada kunjungan di PT Nestle kami mendapatkan presentasi mengenai company profile perusahaan, serta proses produksi dari produk permen FOX, Crunch dan Nestea. Penjelasan dilakukan oleh salah satu perwakilan HRD perusahaan  dan alumni dari ITB. Kemudian kami diajak untuk berkeliling di area pabrik pembuatan permen FOX. Disana kami mendapatkan wawasan mengenai proses produksi permen, alat – alat dan program pada dunia industri, serta pengelolaan produk dari bahan mentah menjadi barang jadi yang siap untuk dipasarkan. Kami juga berkesempatan menyicipi permen fox yang diolah dalam pabrik tersebut sebelum pengemasan. Selain itu dilakukan juga tour ke area pengolahan limbah yang menggunakan prinsip zero waste. Acara ditutup dengan penyerahan piagamm dari Amisca kepada Nestle.

Kunjungan dilanjutkan pada PT Propan Raya ICC yang berlokasi tak jauh dari PT Nestle. Pada perusahaan ini kami emperoleh kesempatan untuk mengenal proses produksi cat baik itu cat warna putih maupun cat warna lain dengan teknologi yang sangat canggih. Kami berkesempatan pula melihat area fabrikasi dari PT Propan Raya ICC. Selain itu PT ini juga memiliki klinik sendiri yang menggunakan pewarnaan dinding dan lantainya menggunakan inovasi cat dari PT Propan Raya. Inovasi cat pada penggunaan lantai ini nantinya akan dikembangkan untuk perumahan di daerah NTT untuk menghemat biaya. Selanjutnya kami mendapatkan penjelasan mengenai company profile dan program – program dari PT Propan Raya yang sangat mendukung budaya – budaya Indonesia. Setelah bertukar piagam dan souvenir, kunjungan masih dilanjutkan ke anak perusahaan PT ini yaitu PT Alkindo Raya. Perusahaan ini bergerak di bidang resin dan menggunakan teknologi – teknologi canggih dari Jerman. Penelitian mengenai resin pun juga dilakukan oleh bagian RnD pada perusahaan ini. Kami juga mendapatkan pengetahuan lengkap mengenai proses pengolahan limbah pada perusahan ini.

Pada kloter lainnya, kunjungan dilakukan pada PT PZ Cussons. Kunjungan pada perusahaan ini meliputi presentasi dan kunjungan ke area produksi dan RnD. Presentasi yang diberikan oleh PT PZ Cussons antara lain company profile, penjelasan lengkap mengenai bagian RnD, quality, dan juga bagian produksi. Selagi itu dilakukan kunjungan ke area produksi dan area RnD. Namun karena peraturan safety yang ketat sehingga kunjungan ke area – area ini tidak bisa dilakukan oleh semua peserta dan dilakukan secara bergantian. Selebihnya kami mendapatkan informasi lengkap mengenai inovasi di bidang kosmetika. Acara ditutup dengan makan siang bersama dan pembagian souvenir dari PT PZ Cussons.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke PT Eternal Buana. Perusahan ini kurang lebih menjelaskan mengenai resin sama seperti PT Alkindo Raya. Namun perusahan ini murni hanya perusahaan yang bergerak di bidang resin saja tidak seperti PT Propan Raya. Pada kunjungan ini kami memperoleh informasi lengkap mengenai resin dan juga pengolahan limbah pada PT tersebut. Acara ditutup dengan pemberian piagam dan souvenir dari pihak AMISCA dan PT Eternal Buana.

Pada tanggal 15 Agustus malam sampai 16 Agustus, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan AMISCA Fun Trip atau yang disebut sebagai ATP. Kegiatan ATP ini merupakan kegiatan jalan-jalan massa AMISCA setelah melakukan kunjungan industri, semacam malam keakraban yang dilakukan di villa di Puncak, Bogor. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan liburan ke Cimory Riverside View di Bogor dan kemudian kembali ke Bandung kembali sore harinya.

Dokumentasi kegiatan Kundus ft. ATP ini dapat dibuka pada tautan berikut.

Penulis: Della Fe’14 & Farhan Mn’14

#KunjunganIndustri
#Kundus2017
#AMISCAFunTrip
#ATP
#KundusftATP
#AMISCABerkobar